Cara Agar Sukses Budidaya dan Ternak Kenari

Pada awalnya kebanyakan pemula mencoba untuk membeli dan memelihara burung kenari untuk didengarkan suara kicauannya yang beraneka ragam. Selain itu, warna kenari yang bermacam - macam dapat menjadi penyegar dan penghilang stress bagi orang yang memeliharanya. Setelah memahami kicauan dan warna warna kenari, lama kelamaan akan terpikir sebuah ide untuk beternak kenari. "Apa jadinya jika kenari warna ini dikawinkan dengan yang ini?". Pasti itu akan menjadi misteri dan membuat kita penasaran. Maka tidak heran jika saat ini banyak sekali orang yang mencoba untuk ternak kenari dan menjadi penangkar burung kenari ini. Setelah sukses ternak kenari, kita bisa menjual kembali hasil budidaya kenari kita, namun inti dari ternak kenari yang baik adalah sebagai riset dan proyek percobaan kawin silang kenari. Baik itu burung kenari untuk hobi dan burung kenari kontes.

Banyaknya jenis kenari yang telah dikenal luas saat ini merupakan hasil ternak kenari dari para peternak/breeder yang nekad menyilangkan banyak varian burung kenari. Dengan demikian semakin hari akan semakin banyak kenari jenis baru yang bermunculan. Menggiurkan memang, namun beternak kenari tidaklah semudah seperti apa yang kita pikirkan. Banyak cara dan tiap breeder pasti mempunyai ciri khas tersendiri dalam budidaya burung kenari mereka. Pada sesi kali ini, saya akan membahas mengenai apa saja yang perlu diperhatikan dan cara ternak kenari yang umum digunakan sebagai pembelajaran dan dapat anda kembangkan sendiri sesuai keinginan anda.

Usia Kenari Yang Ideal Untuk Diternak

Usia adalah salah satu poin penting yang wajib diperhatikan jika kita ingin berhasil beternak kenari. Sebaiknya usia ideal kenari siap ternak adalah tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua. Burung kenari siap ternak biasanya berumur paling tidak 6 bulan untuk kenari betina dan usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yang bertubuh besar seperti Kenari Yorkshire, usia minimal adalah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju birahinya.

Dapat Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Sebagai peternak/breeder kenari, sudah merupakan kewajiban mutlak untuk tahu dan menguasai cara membedakan kenari jantan dan betina. Tidak sulit membedakan kelamin kenari bagi peternak senior. Mereka tentunya sudah hapal setelah sejenak melihat postur tubuh kenari. Bagi anda pemula yang ingin tahu caranya, baca artikel sebelumnya tentang cara membedakan kenari jantan dan betina.

Sarana Dan Tempat Beternak Kenari

Beternak kenari tidaklah sesimple yang kita pikirkan. Sedikit saja kita melupakan hal-hal kecil, maka kita akan kecewa jika tidak berhasil dalam budidaya kenari. Contoh hal sepele adalah posisi kandang ternak kenari. Kenapa lingkungan kandang ternak dan sarana itu penting? Karena jika kita salah dalam menaruh kandang kenari, maka banyak sekali binatang predator yang akan memangsa kenari kita. Penempatan kandang yang baik yaitu sangkar atau kandang kenari menempel di dinding, samping kiri dan kanan sangkar ditutup. Dan tempatkan sangkar di tempat yang bebas dari gangguan serangga atau binatang lainnya seperti tikus, cicak dan predator lainnya.

cara ternak budidaya kenari berhasil images | ternak kenari, ternak kambing, ternak bebek, ternak lele, budidaya ikan lele, ikan hias, gambar ikan | Ternak Pintar
Budidaya dan Ternak Kenari Gampang Gampang Susah
Beberapa cara untuk mengatasi gangguan dari serangan seperti semut dan kecoa, kita bisa kapur serangga (kapur ajaib) di sekeliling sangkar. Jika ukuran kandang ternak besar, kita bisa mengoleskan oli pada kaki kaki kandangnya. Sedangkan untuk mengatasi gangguan tikus dengan menempatkan sangkar di dinding. Dengan begitu dapat meminimalisir serangan tikus. Namun kadang tikus juga melewati celah yang kita lalaikan. Kandang terbaik adalah kandang aluminium yang rapat dan kokoh. Kendari tikus hanya mengambil pakan kenari, jika kita lengah maka tikus juga dapat memangsa kenari kita.

Proses Menjodohkan Burung Kenari

Jika anda sudah mempunyai sepasang kenari berkualitas yang cukup umur dan siap diternak, maka kita sudah bisa memasukkan kenari tersebut ke tahap penjodohan. Proses menjodohkan kenari yaitu kenari jantan dan betina di tempatkan pada sangkar yang berbeda. Namun kedua sangkar tersebut harus ditaruh pada posisi yang berdekatan. Salah satu kesalahan ternak kenari yang sering terjadi yaitu para peternak pemula buru - buru memasukkan kenari jantan dan betina ke dalam satu wadah. Hal ini lah penyebab utama kegagalan penjodohan burung kenari. Karena kenari dan betina belum pasti cocok satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (menaruh kandang kenari secara berdampingan), maka kita dapat mengetahui kesiapan kenari untuk dikawinkan. Jika kedua kenari tidak cocok kita masukkan dalam satu sangkar, maka kedua kenari tersebut akan berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara kedua kenari berlangsung lama dan salah satu kenari kalah, maka kita akan kesulitan dalam menjodohkan kedua kenari tersbut kedepannya. Apalagi jika kenari yang kalah adalah kenari jantan, maka si jantan akan trauma dan tidak berani mendekat pada betina. Bisa dibilang kalau terjadi hal seperti itu, maka penjodohan kenari kita gagal 70% untuk kedepannya.

Berikut adalah sedikit tips meningkatkan birahi kenari :
Burung kenari kita perbanyak makanannya dengan pakan kenari yang bergizi tinggi, misal telor puyuh, multivitamin dan lain lain. Kita jemur burung kenari kita setiap pagi hari, karena matahari pagi sangat baik untuk kesehatan dan menurunkan tingkat stress burung. Pada saat menjemur, kita usahakan kita dekatkan terus dua kenari yang sedang dijodohkan. Jika kita mempunyai kenari jantan yang lain, sekali sekali boleh kita jemur bersama dengan jantan lainnya, tujuannya agar birahi kenari betina dapat meningkat.

Proses Ternak Burung Kenari

Proses terakhir dan paling menarik adalah proses ternak kenari. Caranya yaitu dengan menyatukan kedua kenari (jantan dan betina) ke dalam satu sangkar. Namun, dalam akhir proses budidaya kenari ini tetap ada resiko kegagalan meskipun prosentase nya rendah. Ada beberapa hal yang perlu kita cermati. Diantaranya ciri kenari yang siap ternak.
Ciri - ciri kenari siap ternak (sukses dan jodoh) :
Saat kenari jantan didekatkan dengan kenari betina, maka jantan akan terlihat mengejar/menabrak kandang ternak kenari dengan bunyi yang keras, sedangkan kenari betina akan menggelepar-geleparkan sayap, itu adalah pertanda bahwa si betina siap dan minta dikawinkan. Kemudian pada sore hari menjelang tidur, kedua kenari tersebut akan tidur berdekatan. Kadang - kadang kenari betina dan jantan akan terlihat saling meloloh makanan. Jika didalam sangkar kenari betina kita beri sarang beserta isinya, maka kenari betina akan rajin merapikan sarang. Jika isi sarang sudah disusun itu berarti si kenari betina siap ternak.

Tidak ada aturan baku untuk beternak kenari. Kita boleh menyatukan kedua kenari kapan saja asal sudah memenuhi persyaratan diatas. Namun banyak ahli ternak kenari yang menyatukan kedua kenari pada sore hari agar hasil lebih optimal. Maksud untuk menyatukan kenari pada sore hari adalah supaya pada malam hari kedua kenari tersebut sudah tenang dan rukun, sehingga pagi hari sudah berjodoh. Karena setelah kenari itu berjodoh maka akan meminimalisir resiko kenari yang bertarung dan saling melukai. Meski begitu pemantauan secara berkala tetap perlu dilakukan, karena kenari dapat bertarung kapan saja tergantung kecocokan.

Setelah kedua kenari tersebut terlihat rukun, kita harus memperhatikan isi sarang si betina. Ambil dan gantilah sarang yang kotor dengan yang bersih. Dan sebagian isi sarang kita simpan di dasar sangkar, karena biasanya isi sarang yang ada di dasar sangkar akan dipindah kembali ke dalam sarang. Untuk merapikan sarang agar terlihat elok, biasanya kenari betina suka mencabuti bulu halus kenari jantan atau bulu halus dari kenari betina sendiri. Jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus, maka pertanda tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi resiko luka karena bulu halus dicabuti, kita bisa memasukkan kapas halus ke dalam sangkar secukupnya sebagai pengganti bulu halus tersebut.

Demikian tips sukses budidaya dan cara ternak kenari yang dapat saya berikan kepada para peternak pemula yang mampir di blog ini. Semoga dapat meningkatkan keberhasilan ternak kenari bagi anda semua yang hobi dan berniat menjadi breeder kenari yang handal. Lain breeder, lain caranya. Jangan berkecil hati jika gagal ternak kenari. Karena dengan kegagalan kita dapat belajar dan menimba pengalaman tersebut. Ingat, kesabaran akan membuahkan hasil yang manis. Tidak terkecuali dalam budidaya burung kenari.
Salam :)

Cara Agar Sukses Budidaya dan Ternak Kenari | Unknown | 5

39 komentar:

  1. bos saat d.satukan jantan n betina,,,,si jantan kalah n d.kejar ma si btina
    solusi.y gmna bos byar si jantan brani lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia jangan sampai terlalu muda / usia terpaut jauh dengan betina. Untuk mengembalikan mental bisa dengan dirawat secara rutin dan digandeng kembali dengan kenari yang sudah mapan. Sedangkan untuk meningkatkan birahi, bisa dirutinkan telur puyuh dan extra fooding yang banyak dijual di pasaran. Setelah mental naik kembali, bisa coba digandengkan dengan betinanya.

      Hapus
  2. Biasanya dikarenakan jantan terlalu muda atau jauh lebih muda dari betina nya. Bisa dicoba kembali setelah mental si jantan kembali seperti semula. Sering2 latihan biar mental semakin bagus :)

    BalasHapus
  3. Setelah indukan bertelor si jantan di pindah sangkar ato tidak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ambil pejantan setelah betina mengeluarkan telur.

      Hapus
    2. omm kalo pejantan yang sudah kalah sama induknya, apa perlu kita ganti pejantan atau cukup induknya saja yang diganti?

      Hapus
  4. pak salam kenal dari kami kalau ada yang butuh mesin tetasnya hub www.mesintetasku.wordpress.com trims pak

    BalasHapus
  5. bagus infonya gan...makasih banyak ya

    BalasHapus
  6. Makasih infonya gan, sangat membantu saya sebagai pemula ternak burung kenari

    BalasHapus
  7. Bos,, kenari betina pnya q belum birahi juga, padahal udh umur 7bln.tiap hari udh ϑĩ kasih telur puyuh + ϑĩ jemur tiap pagi,, mohon solusinya bos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada tiga kemungkinan. 1. Perawatan, 2. Pakan, 3. Genetika
      Jika perawatan spt memandikan dan menjemur sudah teratur, makanan juga sudah bagus, berarti ada faktor lain. Yaitu genetika atau bawaan dari induknya. Hal ini bisa diakali dengan memberikan asam amino pada betina(bisa anda cari di google). Atau memancing dengan kenari jantan yang sudah berkicau untuk merayu si betina. lakukan dengan sering dan teratur. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  8. Waktu proses penjodohan dikrodong apa tidak
    mz,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu mas. Sesuaikan saja yang penting tempatnya nyaman dan tidak terlalu ramai orang berlalu lalang.

      Hapus
  9. mas jika sepasang kenari tidur nya tidak berdekatan gmn mz
    thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosentase keberhasilan penjodohan kenari sangat tergantung dengan karakter kenari saat proses penjodohan. Biasanya setelah kandang didekatkan, nantinya kenari tersebut akan saling berdekatan secara alami. Lama kelamaan akan saling meloloh dan gelisah ketika kandang kita pisahkan. Jika sudah begitu, maka penjodohan berjalan dengan baik. Namun ketika kenari malas dan terkesan menjauh saat didekatkan kandangnya, maka kemungkinan berhasil juga mengecil. Mungkin anda harus memperhatikan usia pasangan kenari tersebut, konsentrasi nya mungkin terpecah karena melihat burung yang lain, atau mungkin burung stress karena pakan dan lingkungan. Terima kasih.

      Hapus
    2. Setelah dimasukkan dalam 1 kandang, proses penjodohan yang sukses biasanya dalam 2 hari sudah jodoh. Jika masih terlihat rukun namun belum berdekatan biarkan saja sedikit lebih lama. Tapi kalau saling gertak sampai mencabut bulu lebih baik dipisah saja menghindari kematian karena sudah tidak jodoh.

      Hapus
  10. kalau mau membeli anakan kenari di daerah pekalongan ada apa tidak ya , aku ingin membeli sepasang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ada. Kenari itu mudah dicari dan terjangkau. Tinggal anda malas mencari nya atau tidak. thanks.

      Hapus
  11. Perawatan setelah bertelur bagaimana boz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya telur akan menetas dalam 14 hari. Usahakan 3 atau 4 hari sebelum menetas, indukan biasakan diberi pakan lunak. Agar nanti setelah menetas dia sudah biasa melolohkan pada anakannya. Bila perlu berikan lampu penerangan agar saat malam hari indukan tetap bisa ngloloh. Berikan kecambah 2x sehari dan telur puyuh karena baik bagi pertumbuhan anakan.

      Hapus
  12. Mas minta sarannya,, q punya kenari betina sudah birahi cuman gemuk/berlemak, bagusnya di dietkan dulu apa langsung di kawinkan saja.makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. DIetkan dulu. Kenari kegemukan tidak akan aktif dan sulit untuk berkicau. Kemungkina berhasil untuk dikawinkan juga kecil. Caranya, perbanyak sayuran, kurangi telor, takaran biji2an sehari harus habis, jangan sampai sisa dan kebanyakan. Selajutnya taruh di umbaran yang luas, gebrak sehingga kenari akan terbang terus menerus. Jangan lupa rutin dijemur 1 - 3 jam.

      Hapus
  13. om klau saat perjodohon si betina harus umur brp dan si jantan umur brpa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si jantan sudah matang, kira2 sudah 1,5 tahun. Untuk betina yang penting tidak terlalu jauh beda usianya. Kira2 10 bulan atau setahunan.

      Hapus
  14. om... mau tanya.....
    kalo si betina udah betelur pa perlu di jemur wktu pagi, atau deikasih bohlam?
    makasih sbelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu dijemur, kalo saya saya beri bohlam untuk persiapan anakannya menetas nanti.

      Hapus
  15. bos kalo sibetina sudah bikin sarang, tp oleh jantan d acak-acak lagi / diturunkan lagi sarangnya gimana solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan saja, Itu adalah insting si jantan untuk cepat membuahi si betina. Menurut pengalaman saya biasanya setelah sarang menjadi bulat dan si betina tidur disarang tsb, maka jantan tidak akan merusak sarang itu lagi.

      Hapus
  16. Bos.. Knp kenari saya slalu gagal menetas ? Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada banyak sekali faktor pak. Bisa jadi indukan betina terlalu tua atau terlalu muda, pejantan masih ngurak sehingga tidak kawin dengan maksimal, atau kondisi lingkungan yang tdk kondusif sehingga burung tidak mengerami dengan baik, cuaca sedang terlalu panas/dingin. Bisa juga memang telur yang dihasilkan tidak normal. Silahkan anda cari sendiri mana yang anda alami.

      Hapus
  17. Minta solusi buat kenari saya kenapa nggak bisa menetas telurnya mesti udah diengkrami..

    BalasHapus
  18. Mau tanya bang...
    Kalo KN jantan di deketin dgn KN betinanya ,sijantan malah bulunya ngembung n gag mau bunyi/ngerol. Giliran di jauhin mau bunyi/ngerol dan nyari2 betinanya..
    Itu tandanya apa ya bang??
    Thaks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kurang cocok. Coba dengan betina yg lain yang lebih muda.

      Hapus
  19. Saya beli sepasang kenari. Kenarinya sudah saling manggil dan lolohan. Terus saya satukan. Si betinya sudah mepet tp si jantan seperti takut. Berapa kali saya pisah gabung masih saja sama. Saya beli lagi jantan baru. Eh si betina masih manggil jantan lama. Saya coba gabungkan betina dengan jantan baru. Malah berantem. Dan yang jantan jd takut juga. Saya balikin lagi dengan jantan lama. Masih juga sama.
    Dan kenari jantan saya 22nya. Kalo saling lihat gak mau gacor. Kalo gak saling lihat baru gacor.

    1. Bagaimana cara mengatasi jantan yang takut dengan betina.
    2. Bagaimana cara jantan biar cepat kawin.
    3. Bagaimana agar jantan gacor terus. Mau dia sendirian / ada jantan lain.
    4. Bagaimana cara melatih jantan agar jadi jantan lomba.

    Nb : mandi. Jemur. Telor. Vitamin. Rutin setiap hari sudah di lakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Biasanya jantan yang takut dikarenakan perbedaan usia. Yang paling baik adalah pejantan sedikit lebih tua dari betina. Takut juga bisa disebabkan oleh lingkungan, cahaya dalam kandang dan kebisingan. Dan ketidakcocokan juga bisa dari kelainan hormon, minta warna bulu yang sama(tipikal pemilih).

      2. Agar kenari cepat kawin :Jangan lama2 mencampur jantan dan betina/jangan dicampur satu kandang sebelum masa kawin. Pilih jantan yang mentalnya bagus gacor setiap hari. Betina wajib yang sudah matang kelamin. Jika jantan belum juga menaiki betina, sandingkan dengan kenari jantan gacor yang lain disebelah kandangnya.

      3 dan 4. Silahkan baca artikel kami : http://www.usahaternak.com/2014/07/kenari-gacor-syarat-juara-lomba.html

      Hapus
  20. Om mau nanya nih, kalo kenari jantan kita deketin sama tangan si kenari jantan malah membuka sayap terus mengejar" tangan kita itu bertanda kenapa yah?
    Makasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 kemungkinan:
      1. Kebelet/siap kawin
      2. karakternya agresif

      semoga membantu sobat!

      Hapus