Memilih Bahan Burung Kenari Kontes dan Indukan

Memilih bakalan indukan burung kenari pasti sudah menjadi perencanaan setiap pengusaha ternak kenari. Pemilihan ini ditujukan untuk mendapatkan indukan kenari berkualitas maupun kenari untuk kontes. Kali ini, Ternak Pintar akan memberikan beberapa tips penting dalam memilih indukan maupun kenari kontes terbaik.
Banyak pembudidaya kenari memilih cara sendiri, yaitu dengan membeli kenari murah dengan perawatan sendiri, ada juga yang menggunakan cara instan yaitu dengan membeli kenari menang kontes.
Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung Kenari
1. Berkelamin jantan, ciri dan karakter burung Kenari jantan dapat dilihat bentuk tubuh yang serasi, mengeluarkan suara cuit yang lebih nyaring dan keras. Pilihlah kenari jantan yang memiliki vent lebih besar dan panjang.
2. Bentuk paruh proporsional, sebaiknya pilih bentuk paruh kenari yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang.
3. Kepala kenari berbentuk kotak. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur dan semangat yang baik.
4. Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang (tidak terlalu gemuk dan terlalu kurus) dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bakalan kenari yang berleher dan berbadan pendek.
5. Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan kenari tersebut sehat. Pilihlah kenari yang berkaki besar dan terlihat kering. Sekedar memberitahu kalau warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental sang burung.
6. Lincah dan bernafsu makan besar. Karakter burung kenari yang cukup tampak. Ini merupakan ciri-ciri kenari yang bermental baik.
7. Leher panjang padat berisi. Hal ini cukup berpengaruh pada suara kenari. Menandakan burung ini dapat mengeluarkan kekuatan suara secara maksimal.

Memilih Bahan Burung Kenari Kontes dan Indukan images | ternak kenari, ternak kambing, ternak bebek, ternak lele, budidaya ikan lele, ikan hias, gambar ikan | Ternak Pintar
Perlu Pertimbangan Matang dalam Memilih Kenari Kontes
Itulah tadi beberapa tips memilih bahan bakalan burung kenari indukan maupun untuk kontes. Apabila semua ciri-ciri di atas sudah ada pada burung kenari anda, bukan tidak mungkin harga jual kenari anda semakin melambung.

Demikian sedikit tips dari Ternak Pintar, semoga bermanfaat.
Memilih Bahan Burung Kenari Kontes dan Indukan | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar