Prospek Cerah Ternak Kambing Sebagai Bisnis

Halo sobat usahaternak, setelah beberapa hari kami posting tentang ternak ikan dan burung, sekarang kami mencoba menyuguhkan artikel tentang mamalia, yaitu kambing. Apa yang ada di pikiran anda sekalian tentang tentang ternak kambing ? Ya, anda pasti berpikir itu kotor dan jorok. Namun dapatkah anda berfikir bahwa keuntungan bisnis ternak kambing sangat menggiurkan ?. Ya, memang belum banyak yang tahu bahwa kambing dapat mendatangkan untung yang lumayan. Mungkin hanya orang - orang pedesaan yang menjadikan kambing sebagai satu-satunya penopang kebutuhan hidup. Terutama menjelang hari raya idul adha dimana harga kambing berlipat ganda. Orang - orang perkotaan banyak yang lebih memilih bisnis property atau tanah daripada bisnis kambing. Jangan hanya berpikir tentang kotor dan jorok pada kambing, kali ini kami akan mengubah pandangan anda bahwa bisnis ternak kambing itu sangat prospek.

usaha ternak kambing bisnis kambing images | ternak kenari, ternak kambing, ternak bebek, ternak lele, budidaya ikan lele, ikan hias, gambar ikan | Ternak Pintar
Usaha ternak kambing banyak diminati masyarakat pedesaan
Sekarang mari kita lihat potensi dan analisa usaha ternak kambing. Kebanyakan dari anda sudah pasti doyan makan sate kambing. Coba anda hitung penjual sate dan gulai kambing di daerah anda. Bisa dipastikan tiap - tiap gang di kota anda pasti berjejer penjual sate kambing. Belum lagi restoran - restoran dan hotel yang secara kontinyu menggunakan kanbing sebagai menu andalannya. Jadi bisa dipastikan bahwa kambing pun tidak pernah kehilangan pasarnya walau tidak dalam suasana hari raya qurban. Tinggal bagaimana kita beternak kambing sebaik mungkin sehingga kualitas kambing kita diakui oleh para penampung.

Kelebihan lain dari bisnis kambing adalah kita tidak perlu menunggu lama untuk kambing memasuki usia dewasa. Selain mudah dalam memeliharanya, modal yang dibutuhkan juga tergolong kecil. Dalam 2 tahun seekor kambing betina dapat beranak hingga tiga kali. Bayangkan profit yang bisa kita dapatkan. Usaha ternak kambing banyak ditekuni masyarakat pedesaan karena kambing adalah hewan yang tahan banting. Mereka dapat beradaptasi dengan segala iklim. Pun tidak mudah terserang penyakit. Bandingkan dengan sapi yang sedikit - sedikit mudah terkena diare.

Untuk hari raya idul adha saja bisa dipastikan jutaan kambing laris diburu masyarakat. Pasar permintaan daging kambing juga masih terbuka lebar. Selain itu susu dan kotoran kambing juga dapat dipasarkan dalam bentuk susu kambing dan pupuk kandang. Bahkan banyak pula yang baru setahun menekuni usaha ternak kambing hasilnya sudah kentara. Seorang peternak besar bahkan berani berinvestasi sebesar 300 juta rupiah untuk membeli kambing unggulan. Diantaranya kambing etawa, boer dan kabing sanen. Tentunya tidak semua dipasarkan sebagai pedaging, hanya etawa jantan dan boer. Jenis etawa betina dan sanen dipasarkan dalam bentuk susu kambing. Selain itu kita juga dapat mencari untung dengan mengikutkan kambing pada kontes kambing, selain dapat mendongkrak nama kita dalam bisnis kambing, harga kambing pun dapat terangkat dan diincar banyak orang.

Produksi kambing sangat singkat dan mudah. Dalam usia 8 bulan seekor kambing sudah dapat diperah susu nya dan diolah. Sedangkat untuk pedaging, usia satu tahun sudah dapat disembelih dan dipasarkan dagingnya. Rata - rata produksi susu kambing perah adalah 20 liter per ekor. Sedangkan daging masih harus menghitung umur kambing dahulu sebelum dipasarkan dagingnya. Seekor kambing etawa berusia 6 bulan lebih dengan tinggi 60cm dapat dijual dengan harga 1 juta rupiah. Pejantan super usia delapan bulan dapat dijual seharga 1,5 juta rupiah. Sedangkan etawa berusia diatas satu tahun dapat dipatok harga 2,5 juta rupiah. Puncaknya pada usia siap kawin, seekor kambing dengan tinggi 95 cm dapat menembus harga 5 juta rupiah per ekor. Menggiurkan bukan?.

Dengan perawatan yang baik dan pengawasan intensif dari dinas peternakan, kita dapat menjaga kualitas kambing kita. Jangan main - main dalam bisnis ternak kambing. Dalam hal pemberian pakan pun perlu kita jaga. Bukan sembarang daun dan tumbuhan bisa kita berikan. Kebanyakan para peternak kelas atas menggunakan daun mahoni dan ampas tahu sebagai pakan. Jika kita kesulitan kita bisa berkonsultasi dengan dinas peternakan setempat. Bila perlu kita panggil dokter hewan setiap bulan untuk mengecek kesehatan dan pertumbuhan kambing kita. Bisnis kambing memang gampang - gampang susah. Bagi pemula diperlukan ketelatenan dan kesabaran untuk dapat berhasil. Selain itu diperlukan juga hitung - hitungan yang matang sebelum menekuni bisnis ini. Dengan serius dalam ternak kambing, kita juga dapat berpartisipasi aktif dalam membentuk sentra peternakan kambing di tiap - tiap daerah dan nama kita akan semakin berkibar nantinya.

Demikian analisa usaha ternak kambing. Semoga dapat menginspirasi anda dalam berpikir matang mengenai bisnis kambing. Jangan buru - buru melihat keuntungan bisnis kambing yang kita dapat. Sesuaikan dengan modal dan lahan yang ada. Banyak-banyaklah bertanya dan konsultasi pada pakar yang lebih dahulu menekuni bisnis ini. Salam sukses ternak :)
Prospek Cerah Ternak Kambing Sebagai Bisnis | Bambang Siswanto | 5

4 komentar:

  1. untuk pemula seperti sya apakah langkah" yang harus di ketahui tentang usaha kambing tersebut..

    BalasHapus
  2. mantep kambingnya gede banget....

    BalasHapus
  3. Lihatlah modal, waktu dan persaingan. Banyak2lah belajar dengan orang yang lebih dulu terjun disana. Jika perlu browsing2 di internet untuk menambah wawasan. Yang pasti jangan malas, karena usaha ini butuh perjuangan dan hitungan yang matang. Namun jika sudah berjalan potensi keuntungannya sangat menjanjikan.

    BalasHapus
  4. Salam ternak Pak...
    Saya tertarik dengan bisnis kambing nih, tapi mungkin bukan sekarang, kira2 5 tahun lagi saya Kembali ke Indonesia baru akan memulai, sekarang baru nyicil cari lahan nya, Nanti setelah saya Kembali ke Indonesia mohon bimbingnya YA Pak...trimaksih banyak

    BalasHapus