Apa Itu & Bagaimana Ciri Kenari F1

Pagi sahabat ternak, anda sekalian pasti merasakan bahwa bisnis dan ternak kenari mulai booming beberapa tahun belakangan kan? Kali ini, materi posting kami akan membahasa fenomena sedang ramai di kalangan para hobiis dan pemain kenari lomba. Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan banyak orang tentang kenari dan istilah yang sering di dengungkan oleh masyarakat. Yaitu kenari F1. Awalnya hanya kota - kota besar di Indonesia yang mulai mengenalkan istilah ini. Ya, F1, F2, F3 dan seterusnya. Mungkin para hobiis yang masih awam dan baru memulai memelihara kenari akan bingung dengan apa itu F1, bagaimana ciri ciri kenari F1 dan kenapa harganya begitu mahal? Semoga postingan ini dapat menjawab semua pertanyaan yang ada di benak anda pembaca setia usahaternak.com.

Fenomena kenari F1 mau tidak mau juga menaikkan rating burung kenari di dunia kenari lomba, terutama bagi penyuka kenari postur. Apalagi harga kenari f1 juga sangat tinggi. Akan tetapi jangan sampai mata kita tertutup hanya karena nama f1 ramai di kalangan penghobi kenari. Kita juga harus memahaminya sehingga dapat menarik kesimpulan sendiri. Bukan hanya menerima mentah - mentah kata seseorang.

Arti Sebenarnya dari Kenari F1

Tahukah anda, bahwa F1 atau F2, dan F yang lainnya itu bukanlah nama atau jenis varian kenari. Kebanyakan orang menganggap F1 adalah nama kenari, padahal itu adalah istilah, bukan nama ataupun jenis. Arti yang sebenarnya dari kenari F1 adalah burung kenari yang dihasilkan dari persilangan/perkawinan dua kenari yang berbeda. Sebagai contoh, seekor kenari f1 ys adalah anak(hasil persilangan) dari kenari lokal dan kenari import jenis yorkshire.

Kenapa disebut F ? F adalah singkatan dari Filial. Fillial adalah keturunan. Contoh lagi, kita mempunyai kenari yorkshire impor murni, dan kita kawinkan dengan kenari lokal, maka anakan tersebut nantinya adalah Filial Pertama (F1). Bisa disebut sebagai F1 Yorkshire, atau F1 Lokal. Begitu juga jika kita silangkan yorkshire tadi dengan kenari jenis lain, maka F1 nya bisa kita sebut F1 yorkshire maupun F1 jenis lain tersebut. Di bawah ini gambar kenari F1 Yorkshire

apa itu maksud kenari f1 dan ciri f1 - Usaha ternak
Kenari F1 Yorkshire, mahal namun ramai peminat

Ciri Kenari F1

Mengenai ciri, kita jangan terpaku dengan apa kata orang, ada yang bilang F1 postur besar dan lain - lain. Perlu kita teliti lebih lanjut dan kita runut garis keturunannya. Karena karakter kenari F1 pada dasarnya berasal dari karakter induk yang benar - benar ingin kita capai se-mirip mungkin. Dan untuk menuju "kemiripan" tadi kita harus terus menyilangkan dengan benar mulai dari F1, F2, F3 dst. Semakin banyak angka, maka semakin mantab dan mirip dengan tujuan awal kita, namun proses yang ditempuh cukup panjang.

Contoh, kita mengawinkan kenari Yorkshire, dengan jenis lokal. Jika kenari lokal tersebut memiliki performa dan kicauan yang bagus namun berpostur kecil, maka anakan pertama(F1) tersebut dapat memiliki gen yorkshire yang berpostur besar, panjang, jinggring namun kicauan suara kenari f1 tersebut bagus, tertolong oleh genetik dari kenari lokal. Nah, itulah tujuan sebenarnya dari persilangan, intinya untuk memperbaiki keturunan. Jadi, mengenai ciri kenari f1, sebaiknya anda sesuaikan dengan indukan di atasnya. Tanyakan kepada penjual mengenai riwayat burung kenari tersebut sehingga kita dapat mudah dalam melakukan persilangan ke depannya.

Persilangan Kenari Lanjutan (F2, F3 dst)

Setelah anda memahami mengenai F1, alangkah baiknya merangkak ke hal yang lebih dalam, agar ilmu yang kita dapatkan juga semakin banyak. Yaitu mengenai persilangan lanjutan, F2, F3 dan F selanjutnya. Hal ini dapat kita jadikan pelajaran, sehingga dalam menyilangkan burung kenari kita tidak hanya asal - asalan, tetapi tersusun rapi runut dari awal hingga akhir genetiknya, orang yang mampu dan mau melakukannya bisa disebut sebagai orang yang sukses ternak kenari. Supaya mudah, kita buat "perumpamaan" F dari kenari yorkshire
  • F1 YS atau Kenari F1 Yorkshire. Anakan pertama hasil persilangan yorkshire murni dengan kenari jenis lain, apapun itu. Bukan yorkshire murni dengan yorkshire murni.
  • F2 YS atau Kenari F2 Yorkshire. Jika kenari f1 betina maupun jantan yorkshire diatas kita silangkan dengan anakan dari Yorkshire murni, maka hasilnya disebut F2 YS atau filial kedua YS.
  • F3 YS atau Kenari F3 Yorkshire. Hampir sama dengan diatas, jika kenari F2 Yorkshire diatas kita kawinkan lagi dengan jenis Yorkshire murni, maka akan tercipta filial ketiga atau F3.
  • F selanjutnya, prinsipnya sama. Apapun yang ingin kita capai, entah postur maupun warna, semakin banyak angka di belakang F, maka suatu saat akan mencapai genetik yang pasti (fixed strain), biasanya diatas F4.
Setelah anda memahami mengenai garis keturunan burung kenari, jangan hanya berfikir untuk memenuhi selera pasar. Sebaiknya anda mulai berfikir untuk menemukan strain sendiri. Sehingga anda memiliki sesuatu yang khas yang dapat mengangkat nama anda sebagai ahli dalam ternak kenari varian tertentu.

apa itu maksud kenari f1 dan ciri f1 - Usaha ternak
Gambar Kenari F1 Lizard
Demikian postingan kami tentang kenari f1, semoga dapat meluruskan pemahaman yang salah dalam masyarakat mengenai kenari ini. Kesimpulan yang dapat diambil adalah F1 bukanlah jenis, itu merupakan istilah garis keturunan dan harga kenari f1 mahal karena merupakan perbaikan genetika. Oleh karena itu, jangan hanya memandang kenari F1 itu dari posturnya. Bisa saja kenari F1 tersebut bukanlah keturunan yorkshire yang berpostur besar, melainkan varian kenari yang memiliki kelebihan lain. Postur besar hanyalah masalah trend saja, kita harus bijak dalam memandang segala sesuatu sehingga kita tidak hanya serba ikut - ikutan saja dalam hobi kenari ini.
Apa Itu & Bagaimana Ciri Kenari F1 | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar