Murai Batu Medan, Sang Murai Jawara

Hai sobat ternak, sobat kicau dan murai, tiba waktunya bagi kami untuk meng-update blog ternak burung ini dengan artikel baru mengenai murai. Setelah beberapa hari kesibukan yang tak kenal usai, kami putuskan untuk penyegaran materi dengan pemberian tema baru, yaitu burung murai batu. Seperti yang anda semua telah ketahui, murai batu merupakan burung yang sangat ramai dipelihara oleh para penggemar burung disamping burung kenari. Terutama yang namanya murai medan. Ya, murai batu medan adalah jenis murai yang sangat digemari karena postur dan ekornya yang panjang menjuntai. Terbayang pula harganya yang relatif tinggi dan stabil di pasaran membuat burung murai medan dianggap sebagai maestro dibandingkan murai lokal lainnya. Apalagi dengan adanya istilah murai medan super membuat orang beramai-ramai memelihara murai.
murai batu medan murai juara - Usaha ternak
Harga murai medan tetap stabil disaat harga burung lain anjlok
Murai medan asli sebenarnya hanyalah istilah sebutan saja, burung ini sudah mulai jarang ditemui di hutan dan gunung, jadi sekarang kebanyakan juga berasal bukan dari Medan, melainkan dari wilayah lain seperti Aceh dan daerah lain di Sumatera Utara. Memang pantas jika murai ini disebut sebagai yang terbaik di Indonesia jika menilik dari lomba dan kejuaraan burung kicau murai. Kebanyakan juara dan para pemenangnya adalah murai medan, walaupun akhir - akhir ini persilangan jenis lain juga mampu menjadi juara.

Postur yang gagah, ekor yang indah dipandang membuat murai batu medan memiliki fisik yang luar biasa, nafasnya yang begitu dalam dan panjang membuat murai ini dapat berkicau dengan keras. Lagu jenis apapun hampir pasti dapat dibawakan dengan baik oleh murai medan. Melihat murai medan menari sambil membawakan lagu dengan kencang hampir pasti akan membuat kita tertarik dengan burung yang mulai ramai memasuki tahun 2000-an ini. Oleh karena itu, mari kita bahas lebih mendalam tentang murai medan.

Ciri Ciri Murai Batu Medan

Murai batu medan sebagai salah satu burung murai juara memiliki ciri khas dibandingkan dengan murai yang lain. Berikut ini dapat digunakan sebagai patokan untuk hobis murai yang baru akan memelihara :
  • Umunya murai medan memiliki ekor yang panjang yang biasanya mencapai 25cm lebuh, biasanya melengkung, namun adapula yang lurus dan tidak begitu panjang.
  • Dari postur tubuh, murai medan masuk dalam kategori murai berpostur besar. Oleh karena itu lihatlah postur, murai medan selalu terlihat lebih besar dan tegap daripada murai lainnya.
  • Warna bulunya sekilas tampak hitam kelam dan sedikit mengkilap. Namun jika terkena cahaya akan terlihat sedikit kilatan biru semu.
  • Warna kaki merah gelap menunjukkan bahwa murai tersebut adalah murai medan muda. Jika sudah dewasa akan bersisik dan ada lekukan seperti buah belimbing.
  • Terdapat warna putih di sekitar pangkal ekor menuju ke pangkal paha.
  • Kicauannya terdengar keras dan bermacam - macam. Suara dasar saat mengeluarkan suara alamnya menunjukkan bahwa suara murai medan sangat keras dan agak besar. Namun saat dia menirukan suara burung lain, menjadi nyaring dan bahkan lebih keras daripada burung yang ditirukan.
  • Disaat masuk tahap awal emosi dalam bermain, ekor putih akan terlihat ngipas dengan badan menjadi lebih tegak sembari memaki - maki lawannya.

Murai Medan Super

Murai medan super hanyalah istilah buatan para penjual dan pedagang murai yang mempromosikan murai berpostur besar dan ber-ekor panjang sebagai murai yang bagus dan super. Padahal tidak begitu, kebanyakan pemain murai tidak mengandalkan murai seperti itu disaat lomba. Murai yang mereka lombakan berpostur sedang saja, dan ekornya juga tidak terlalu panjang. Kelemahan utama murai yang besar dan ekornya panjang adalah penampilannya yang tidak maksimal. Hanya enak dipandang saja.

murai medan super - Usaha ternak
Murai Medan Super hanya istilah dagang untuk mendongkrak harga murai 
Demikian penjelasan mengenai ciri dan karakter burung murai batu medan. Kembali lagi mengenai jenis - jenis murai dan istilahnya. Jangan terjebak dan terpaku pada penamaan seekor murai jika anda tidak tahu siapa penangkar dan peternaknya, seperti murai medan super tadi, biasanya pasar hanya menjual nama dan daerah padahal murai tersebut bukan berasal dari habitatnya yang ada di Hutan. Jika memungkinkan, beli lah burung kenari di pasar burung yang terpercaya, atau bahkan pada peternaknya langsung. Sehingga kita dapat mengerti asal muasalnya. Namun jika tidak ada, tidak ada salahnya anda belajar dan browsing terlebih dahulu. Dan pilihlah burung yang sesuai selera anda tentunya dengan harga yang pantas.
Murai Batu Medan, Sang Murai Jawara | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar