Cara Mastering Suara Kicau Murai Batu

Halo sahabat, jumpa lagi dengan tim usahaternak. Setelah cukup lama tak bersua karena berbagai macam kesibukan aktivitas, pada kesempatan kali ini masih tentang burung murai batu yang memang cukup 'menggila' di pasaran burung bersama kenari. Kali ini kami ingin berbagi tips bagi para peternak dan penghobi burung murai batu yang merasa kebingungan untuk membangun kualitas suara kicauan murai batu sebagai syarat sah dan mutlak untuk mendapatkan predikat sebagai murai batu juara di sebuah kompetisi/perlombaan.
Inti dari mastering sendiri adalah bagaimana mengaplikasikan suara atau kicau burung pemaster pada burung yang dimaster yang intinya dilakukan melalui latihan dan pembelajaran pada burung yang dimaster untuk menyuarakan kembali dengan tepat. Suara murai batu merupakan hal wajib yang harus dimiliki burung murai batu jika ingin naik kasta dan ikut perlombaan. Berbagai cara dilakukan peternak dan penghobi murai untuk menghasilkan suara terbaik bagi burung murai batu mereka untuk bisa berpartisipasi dalam lomba maupun untuk meningkatkan harga jual murai batu peliharaannya. 
Untuk melakukan mastering burung murai batu, tim usahaternak mengklasifikasikan ke dalam dua cara, yaitu mastering melalui burung hidup (burung lain) sebagai pelatih/pemaster dan bisa juga melalui alat elektronik (mp3, video, radiotape) sebagai sumber suara master murai.

Cara Mastering Suara Kicau Murai Batu | Usahaternak praktis
Mastering murai batu, gampang-gampang susah

Mastering Murai Melalui Burung Hidup Lain

Untuk mastering secara alami bisa diaplikasikan pada semua jenis murai (murai medan, murai nias, murai aceh, dsb), yaitu melalui mendekatkan burung yang dimaster dengan burung lain sebagai pemaster ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Pertama, sebisa mungkin kita harus mengidentifikasi typikal burung yang akan dimaster apakah memiliki kecocokan (sealur) suara dengan burung pemaster (pelatih), agar nantinya proses pemasteran tidak berjalan dengan sia sia.
  • Sebelum dilakukan pemasteran, alangkah baiknya jika burung murai yang akan dimaster sebaiknya dikerodong terlebih dahulu agar mendapatkan suasana yang lebih tenang
  • Yang juga perlu diperhatikan, usahakan fokus pada satu burung masteran (pemaster) saja, jangan terlalu banyak masteran agar burung yang dimaster bisa fokus mempelajari satu lagu dulu dengan baik, selanjutnya bisa diganti dengan burung masteran yang lain untuk mendpt variasi suara yang lebih.
  • Untuk burung pemaster yang memiliki suara kencang, usahakan dalam penempatannya tidak terlalu dekat dengan burung yang dimaster agar kicau murai batu pemaster tidak mengagetkan murai yang dimaster, atau ditempatkan dengan jarak yang agak jauh.
  • Metode pemasteran alami dengan menggunakan burung hidup lain bisa dilakukan setiap hari karena kita tidak bisa memastikan kapan burung pelatih berbunyi/berkicau.

Mastering Murai Melalui Media Elektronik (Mp3, Video, Radiotape)

Untuk cara mastering yang satu ini bisa dibilang cukup praktis, yaitu melalui mendekatkan burung yang dimaster dengan sumber suara kicau yang berupa mp3 murai, video murai, atau kaset tape. Pada cara mastering ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Usahakan download suara murai untuk isian tidak lebih dari 3 jenis suara masteran untuk satu kali waktu pemasteran, dan sesuaikan karakter suara burung yang dimaster dengan karakter suara dari video murai.
  • Dalam penempatannya, tempatkan burung yang dimaster pada posisi senyaman mungkin. Usahakan mensetting suara media mp3 dari suara yang paling kecil, lalu bertahap menggunakan suara keras, dalam pengaplikasiannya boleh juga menggunakan krodong agar tidak terganggu lalu lalang sekitar.
  • Waktu yang paling baik, tepat, dan efektif untuk memaster murai batu sekitar pukul 19.00 s/d 21.00 malam dan 4.00 s/d 6.30 pagi.
  • Untuk setiap satu jenis suara master murai harus diberi jeda waktu berhenti minimal 60 detik kemudian bisa dilanjutkan lagi dan berhenti lagi 60 detik, begitu seterusnya.
  • Pemasteran bisa dilakukan setiap hari, kecuali hari sabtu dan minggu tidak dimaster dengan tujuan untuk melihat apakah materi yang kita berikan sudah diserap dengan baik atau belum, jika belum bisa dilakukan pengulangan, jika sudah bisa diganti dengan materi lain.
Sekian tips singkat dari tim usahaternak tentang cara mastering suara kicau murai batu yang dibagi menjadi dua cara, bisa melalui master murai alami, bisa melalui master murai batu kicau dari mp3. Semoga bermanfaat untuk mendapatkan murai batu juara idaman anda. Salam satu ternak! 
Cara Mastering Suara Kicau Murai Batu | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar