Kenari Gacor Syarat Juara Lomba

Apakah anda para hobis kenari pernah berpikir untuk ikut lomba burung kenari ? Bisa iya, bisa tidak. Namanya juga hobi, tidak ada paksaan untuk saling adu kicau di latber/lomba. Hanya kalangan tertentu saja mungkin yang memang dari awal memelihara kenari sudah berpikiran kesana. Sebenarnya dengan ikut lomba, pengetahuan dan pengalaman kita tentang kenari itu pun akan bertambah dengan sendirinya. Proses belajar tentang bagaimana kenari cepat gacor, bagaimana mental nya, apa pakan yang baik, itu semua akan dilalui, dan jika dapat juara maka nama kita akan terangkat. Imbasnya harga jual kenari kita juga akan meningkat. Namun kembali lagi, tanpa berlomba pun kita sudah bisa memelihara burung kenari dengan baik, saat ini sudah banyak yang membagikan ilmu-nya dengan gratis di internet, para hobis burung kenari-pun sudah ada dimana-mana, jadi kita tidak perlu risau untuk mencari ilmu.
kenari cepat gacor | burung kenari, ternak kenari | usahaternak
Kali ini, blog usahaternak kembali membahas tentang burung kenari, karena admin merasa artikel burung kenari di blog ini masih sangat kurang. Untuk postingan ini, kami bahasa mengenai kenari gacor. Anda yang sudah terbiasa dengan istilah ini pasti sudah paham. Gacor, adalah posisi dimana seekor burung sudah rajin berkicau dengan lancar dan kencang sehingga enak didengarkan. Banyak penjual kenari yang menawarkan pada kita kenari gacor dan lain - lain. Untuk orang awam yang hanya untuk dipelihara saja, pastinya memilih ini karena sudah enak tinggal didengarkan saja di rumah, walaupun agak mahal. Namun untuk anda yang senang memelihara bahan atau bakalan, membuat kenari cepat berbunyi adalah sebuah tantangan tersendiri. Kali ini, kami akan membahasnya. Bagaimana cara membuat kenari gacor dan cepat berbunyi. Karena umumnya burung kenari bakalan jika kita tidak tahu ilmunya dan kita pelihara asal-asalan, maka setelah dewasa kicauannya akan tetap seperti itu saja. Oke, kita langsung masuk ke materi saja ya.

Cara Agar Kenari Cepat Berbunyi & Gacor

Membuat burung kenari berkicau sebenarnya mudah, hanya masalah umur saja, biasanya kenari jantan jika sudah berusia 6 bulan atau lebih, pasti dengan sendirinya akan berkicau. Tetapi puaskah anda jika kenari anda hanya berkicau sebentar kemudian kembali ngeriwik seperti kenari bakalan? hehehe... itu namanya asal pelihara, asal hidup. Maksud saya disini kenari cepat berbunyi adalah bagaimana kita merawat kenari dari bakalan agar mampu bersuara enak, lantang dan tidak banyak putus-putus atau bahkan ngeriwik lagi. Nah, untuk mencapai itu perlu proses dan latihan yang baik. Kita dituntut lebih total dalam merawatnya. Di bawah ini beberapa faktor sangat menentukan dalam membuat kenari cepat berkicau :

1. Kenari Jantan. Pastikan kenari anda adalah kenari jantan, karena kenari betina tidak akan bisa bersuara sebaik kenari jantan. Jadi ini mutlak harus kita perhatikan. Jika anda belum tahu cara membedakannya, silahkan anda baca artikel sebelumnya, Cara Membedakan Kelamin Burung Kenari.
2. Posisi Kandang dan Lingkungan. Jangan dicampur dalam satu kandang. Pastikan juga kenari bakalan yang akan anda latih tidak bercampur dalam satu ruangan dengan kenari lain. Paling tidak jangan terlalu berdekatan. Karena kenari, apalagi kenari yang masih belum berbunyi akan sulit terangsang jika tempat terlalu ramai dan gaduh. Dan usahakan anda biasa menempatkan kenari tersebut diatas tempat aktifitas manusia. Biasanya di bawah pohon, atau di teras rumah yang teduh dan tidak langsung terkena cahaya matahari.
3. Pakai Kerodong. Kerodong sangat penting untuk merangsang kenari cepat berkicau. Biasakan anda memakaikan kerodong setelah kenari anda gantang. Bisa maghrib atau malam hari sebelum anda beristirahat. Kenapa? selain mengistirahatkan burung, jika kenari terus - menerus dibiarkan tidak berkerodong, maka suhu udara malan dan hewan - hewan yang tidak diinginkan bisa masuk. Itu dapat mengganggu proses berkicau. Apalagi jika anda sering menggunakan lampu bohlam di malam hari. Mulai hentikan kebiasaan anda pada burung kenari yang sedang anda latih. Cukup jaga suhu dengan suhu ruangan.
4. jemur dan Mandikan Kenari Secara Rutin. Dengan rajin menjemur dan memandikan burung kenari anda, maka kesehatan dan tingkat stress kenari anda akan semakin baik. Kenari gacor mutlak harus memiliki kebugaran dan mental yang baik. Jemur pagi hari jam tujuh, kemudian mandikan. Setelah itu jemur sekitar satu jam di matahari pagi. Kemudian angin - anginkan agar bulu-bulunya dapat kering dengan rapi.
5. Pakan Lengkap, Bervariasi dan Teratur. Pagi hari setelah anda jemur dan anda mandikan, berikan sayuran dan ganti kembali air dan pakan biji-bijian bekas kemarin. Untuk pemberian pakan bisa anda variasikan. Biji-bijian adalah makanan utama, pilihlah bijian yang campur. Kroto atau telur cukup diberikan dua sampai tiga kali dalam seminggu agar tidak mudah gemuk dan malas. Asinan dan tulang sotong juga perlu diberikan untuk kebutuhan kalsium. Usahakan kandang juga selalu bersih. Dengan kebutuhan gizi yang tercukupi, maka kenari akan sehat. Fisiknya akan mumpuni untuk kita latih pernafasan. Sehingga kenari dapat cepat gacor dan berkicau dengan baik tak kenal lelah. Kenari juga akan semakin rajin berbunyi. Untuk pemberian suplemen dan vitamin kenari akan kami bahas di artikel selanjutnya.
6. Latih Mental Kenari. Burung kenari yang berusia muda dapat kita latih mentalnya dengan mendekatkannya pada burung kenari gacor lain. Tujuannya agar dia bisa mengikuti dan bahkan menirunya. Namun jangan terlalu sering, ditakutkan akan mengganggu kicauan kenari yang sudah gacor tersebut. Sebagai selingannya, bawa ke gantangan kenari di dekat daerah anda. Sehingga dia terbiasa di tempat ramai. Jika memungkinkan, sering-seringlah anda pindahkan lokasi gantangannya. Tujuannya agar kenari terbiasa dengan lingkungan baru dan tidak mudah stress.
7. Lakukan Masteran Secara Rutin.
Waktu yang tepat untuk memasteri kenari adalah saat kita lakukan penjemuran atau saat kita angin-anginkan. Bisa anda lakukan dua kali sehari. Idealnya masteran kenari yang optimal adalah saat kenari tersebut berusia bakalan awal, yaitu 1 sampai 2 bulan. Caranya yaitu dengan mengapitnya dengan suara kenari gacor dan sangkarnya kita tutupi/kerodong sehingga kenari tidak saling melihat. Ada metode lain tentang cara kenari cepat gacor, yaitu dengan memperdengarkan burung bahan dengan suara kenari juara yang mp3-nya banyak tersedia di internet. hehehe.. Jika kita mau bersabar dan konsisten, dalam kurang lebih 6 bulan masteran kita sudah mulai terlihat hasilnya walaupun masih ada plong beberapa kali.
kenari cepat berbunyi | burung kenari, ternak kenari | usahaternak

Tips Suara Kenari Jernih / Ngristal

Ada langkah variasi menu lain yang dapat kita gunakan agar kenari kita disamping berbunyi dengan lancar dan lantang, dapat juga memperbaiki kualitas suara kicauan kenari tersebut agar lebih clear saat didengarkan, istilahnya ngristal yaitu dengan memaster kenari kita di sebuah ruangan yang menggema. Suara yang menggema akan dapat ditangkap lebih baik oleh kenari kita, sehingga selain kenari kita gacor, suara yang dikeluarkan lebih jernih/stereo. Namun faktor utama yang membuat kenari tersebut bersuara jernih atau tidak adalah genetiknya. Biasanya jika indukan bersuara nyaring dan bersih, maka anakannya juga akan begitu. Dalam latihan kita hanya perlu mengoptimalkan kicauannya saja.

Kenari Gacor dan Bersuara Panjang

Latihan utama agar kenari bersuara panjang yaitu dengan melatih pernafasannya. Kita butuh menggunakan kandang umbaran agar memicu pergerakan aktif burung kenari kita. Dengan aktif bergerak maka nafasnya yang dalam akan sering digunakan, lama - kelamaan kenari akan terbiasa dan dalam berbunyi pernafasannya juga akan dalam dan panjang. Kita umbar kenari selama satu jam sudah cukup, waktu yang tepat adalah pagi saat kita jemur. Terapi ini kita rutinkan sampai kita dengar perbedaan dalam bunyi kicauannya, apakah sudah lebih panjang dari sebelumnya atau belum. Namun jangan lupa, istirahatkan kenari saat selesai apabila kenari tersebut terlihat lelah dan bertingkah aneh. Jangan kita forsir. Tutupi sangkar dengan kerodong.

Nah sobat, cukup sekian sepertinya tips dari kami tentang cara agar kenari cepat gacor. Ya, kenari gacor, kenari lomba dan kenari juara. Semuanya saling terkait dan semua itu butuh waktu. Yang jelas semoga artikel ini dapat membantu sobat sekalian untuk tahu lebih dalam mengenai suara kenari. Jika sobat ingin bertanya atau ada sesuatu yang menurut sobat perlu ditambahkan, silahkan berkomentar.
Kenari Gacor Syarat Juara Lomba | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar