Kenari Lizard, Pesona Corak Warna Unik Kenari

Halo sobat, jumpa lagi dengan artikel tim usahaternak, yang selalu berbagi informasi bagi seluruh insan ternak sejagat raya. Setelah kami puaskan anda dengan ulasan mengenai 'mewahnya' burung Murai Batu yang merupakan satwa endemik asli Indonesia yang begitu mewabah dikalangan penghobi, kini kami kembali ingin memuaskan dahaga informasi dari para penghobi burung kenari yang juga bisa dikatakan tidak pernah habis ditelan jaman. Pada artikel ini kami mengulas salah satu jenis kenari tertua yang memiliki corak warna yang mempesona yaitu Kenari Kadal / Lizard yang juga menjadi idola penghobi kenari dari berbagai jenis burung kenari lainnya.

Kenari Lizard merupakan jenis kenari tertua yang pertama kali dikenal di daerah Eropa pada dekade 1600-an dan mulai dikembangkan pada dekade 1700-an di negara Perancis. Sebenarnya kenari lizard pernah berada di ambang kepunahan pada saat era Perang Dunia karena peperangan dan wabah penyakit, namun sebuah asosiasi bentukan para peternak kenari lizard bisa menyelamatkan populasinya yang saat itu bisa dihitung keberadaannya. Kenari ini biasa dikenal dengan sebutan kenari kadal yang selain berasal dari kata 'lizard' yang berarti kadal, kenari jenis ini memiliki penampakan corak bulu yang tegas dan jelas menyerupai sisik kadal.

jenis Kenari lizard dengan corak warna bulu
Kenari Lizard, corak bulunya mengundang decak kagum

Di abad ke-19 metode penangkaran kenari lizard dengan warna berbeda berhasil dikembangkan dan sejumlah peternak sukses memadukan warna pada sisik dengan warna mutasi yang menghasilkan warna mutiara. Sehingga sampai saat ini kenari lizard populer dengan istilah kawin silang / cross breeding, selain karakternya cocok sebagai indukan dana produktivitasnya, kenari lizard juga bisa disilangkan dengan berbagai jenis kenari untuk menghasilkan warna dan corak yang baru. 


Ciri-ciri Fisik Kenari Lizard

Secara fisik, burung kenari jenis lizard dapat dikenali dengan mudah karena wujudnya yang benar-benar berbeda dengan kenari jenis lain. Kenari lizard umumnya memiliki ukuran panjang tubuh 13-14cm. Dari bulunya dapat dikenali adanya corak serta motif menyerupai sisik kadal dan memiliki warna tubuh yang mirip kadal. Oleh sebab itu banyak juga yang menyebutnya kenari kadal atau kenari lizard.
Burung kenari jenis lizard memiliki dua warna dasar, yaitu warna emas dan warna perak yang dilapisi rangkaian warna hitam yang tertata rapi secara pararel menyerupai rangkaian tenunan benang di sekujur tubuhnya. Ekor kenari lizard sempit dengan butu ekor yang juga tersusun rapi. Kepala kenari lizard bisa dibilang cukup besar dengan 'topi' berbentuk oval yang belebar pada bagian atas kepalanya. Warna paruh dan kaki kenari lizard umumnya memang berwarna hitam, dari situ juga bisa dijadika acuan untuk mengenalinya. Jadi jangan sampai salah dalam memilih kenari yang baik, selalu kenali terlebih dahulu jenis kenari yang akan anda beli.


Varietas warna persilangan kenari lizard - usahaternak
Varietas nama kenari lizard sesuai dengan warna yang dihasilkan


Cara Pemeliharaan Kenari Jenis Lizard

Dalam pemeliharaan dan ternak kenari jenis lizard tidak berbeda jauh dengan cara ternak kenari pada umumnya. Jika anda pecinta kenari jenis ini sudah seharusnya anda paham dan mengetahui bagaimana perawatan kenari lizard yang baik dan benar. Untuk perawatan kenari secara garis besar dilihat dari 2 hal yaitu pakan dan cara perawatannya. Untuk pakan kenari lizard bisa diterapkan pakan yang bergizi dan berkualitas baik agar kualitas kesehatan kenari lizard juga semakin baik. Pakan kenari lizard bisa berupa biji-bijian, asinan (sumber kalsium), roti kering bisa diganti dengan biskuit, telur puyuh dan kroto sebagai sumber protein, sayuran dan buah (wortel, daun sawi, daun selada, jagung muda, dan mentimun). 

Dalam hal perawatan ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan, sebenarnya cara perawatan ini bisa diterapkan pada semua jenis kenari untuk mendapatkan hasil kenari yang maksimal. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan kenari lizard antara lain:
- membersihkan kandang setiap hari 
- jemur kenari kurang lebih selama 1-2 jam per hari
- mendekati siang bisa dilakukan mastering kenari
- angin-anginkan kenari di sore hari
- menjelang malam burung kenari dimaster lagi

Demikian sedikit informasi mengenai kenari jenis lizard yang saat ini cukup menarik perhatian para penghobi kenari, semoga beberapa informasi dan tips dari kami bermanfaat bagi usaha ternak kenari anda dan pemahaman anda terhadap kenari lizard baik dari sisi pemeliharaan serta ciri fisiknya. Salam satu ternak!

Kenari Lizard, Pesona Corak Warna Unik Kenari | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar