Racikan Pakan Ternak Kenari Juara Gacor

Memiliki kenari gacor dan juara lomba merupakan impian setiap peternak/penghobi burung kenari. Banyak faktor yang mempengaruhi ketercapaian impian tersebut, salah satunya adalah faktor pakan ternak kenari yang diperoleh dari racikan pakan kenari khusus yang diberikan oleh si peternak. Tentunya banyak yang penasaran mengenai rahasia resep sukses pakan ternak kenari agar kenari peliharaannya selalu gacor dan menjadi pemenang di perlombaan. Melalui artikel ini tim usahaternak ingin memberikan ulasan bagaimana cara meracik dan komposisi bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat ramuan ampuh bagi kenari gacor anda, mengingat keberadaan beberapa merk pakan kenari instan di pasaran yang ternyata "tidak berkualitas" dan kandungan gizinya diragukan.
Racikan pakan kenari ini sebagai menu pelengkap dengan tetap tidak meninggalkan pakan utama (biji-bijian) dan lain sebagainya. Pakan perangsang gacor ini dapat diterapkan sebagai pakan berbagai jenis kenari, sebagai pakan kenari merah, pakan kenari yorkshire, pakan kenari lizard, dsb. Pakan racikan merupakan menu tambahan sebagai pelengkap yang memang ditujukan untuk membuat kenari selalu fit dan sehat sehingga tidak segan untuk bernyanyi/gacor, karena gacor/rajin bernyanyi merupakan penanda bahwa si kenari sedang dalam kondisi prima. Perawatan dalam ternak kenari juga tidak bisa terlewatkan, mulai dari memandikan, menjemur, hingga pemberian makanan ekstra seperti sayur dan buah serta vitamin tambahan agar daya tahan tubuh kenari selalu terjaga. 
Pakan perangsang kenari untuk selalu gacor umumnya menggunakan kuning telur puyuh rebus yang dikenal merangsang kenari rajin berkicau, namun kenari juga memerlukan variasi menu pakan selain juga memerlukan pakan lain sebagai pelengkap gizi yang tidak ada pada kuning telur puyuh rebus dan pada pakan utama biji-bijian. Ada beberapa pakan alternatif sebagai pelengkap gizi serta pendamping menu pakan utama kenari agar selalu gacor, menu pakan tersebut antara lain:
Membuat Racikan Pakan Ternak Kenari Juara Gacor - Usahaternak
Pakan merupakan salah satu kunci sukses ternak kenari

- Sayuran dan buah-buahan, hampir semua sayuran dan buah-buahan dikonsumsi dan disukai oleh kenari. Namun lazimnya para peternak memberikan sayuran dan buah yang mudah didapat dan harganya sangat terjangkau seperti selada, jagung muda, wortel, sawi, pisang, pepaya, dan jeruk. Pemberiannya tidak langsung sekaligus, tetapi harus bervariasi dan diselingi agar kenari tidak mudah bosan. Jangan lupa, sebelum diberikan pada kenari alangkah baiknya jika sayur dan buah dibersihkan lebih dahulu agar bebas pestisida dan segar. Berikan secukupnya jangan sampai menumpuk bahkan sampai bersisa dan menjadi sampah di dalam kandang sangkar kenari

- Tepung, tepung-tepungan sangat diperlukan dan disukai oleh kenari. Yang cukup familiar diberikan pada kenari adalah tepung roti dan tepung bubur kacang hijau yang biasanya diberikan pada bayi atau bisa digantikan dengan biskuit atau bubur bayi dengan nutrisi yang cukup komplit. Untuk biskuit dapat diberikan dengan cara dihaluskan terlebih dahulu sampai berbentuk serbuk, lalu bisa langsung diberikan secara kering atau bisa juga dicampur sedikit air.

- Kuning telur, sebagai penambah protein kenari, kuning telur rebus merupakan sebuah solusi mudah dan murah. Kuning telur bisa didapatkan dari telur ayam, telur bebek, atau telur puyuh. Untuk jumlah protein paling banyak terdapat pada kuning telur puyuh, tetapi jika mengutamakan kuantitas telur ayam bisa jadi opsi.

- Serangga, serangga juga merupakan alternatif perangsang kenari agar rajin berkicau. Beberapa serangga dapat diberikan sebagai pakan kenari seperti ulat hongkong, jangkrik, kroto, ulat kandang, dll. Untuk porsi pemberian kroto secukupnya, sedangkan jangkrik dan ulat bisa dipotong-potong dulu agar mudah dimakan oleh kenari.

Membuat Racikan Pakan Ternak Kenari Juara Gacor - Usahaternak
Pakan racikan mulai populer sejak banyak beredarnya pakan non-kualitas

Komposisi Racikan Pakan Kenari Gacor

Pakan racikan merupakan pakan alternatif khusus yang memang dibuat untuk membuat kenari menjadi rajin ngoceh / gacor. Dengan komposisi semua pakan yang mengandung semua vitamin yang dibutuhkan kenari agar selalu prima dan siap bersaing menuju medan perlombaan. Sebenarnya bahan-bahan dan cara pembuatannya cukup mudah, langsung saja simak.

Bahan:
1 butir kuning telur rebus (bisa telur ayam, bebek, atau puyuh)
1 sdt mentega
1 sdt madu
1 sdt poppy seed (biji opium) atau niger seed
1 biji biskuit bayi

Membuat Racikan Pakan Ternak Kenari Juara Gacor - Usahaternak
Niger seed, salah satu bahan utama pakan racikan yang mulai populer

Cara Membuat Pakan Kenari Juara

1. Campurkan semua komposisi bahan di atas ke dalam satu wadah/baskom. 
2. Lalu aduk-aduk secara perlahan hingga merata sempurna.
3. Aduk terus sampai berbentuk seperti adonan.
4. Setelah merata sempurna pakan racikan siap diberikan pada kenari anda secukupnya (1/2 sdt setiap hari).
5. Cara pemberian bisa diletakkan pada wadah khusus atau disuapkan pada kenari.

NB: Dosis pemberian pakan ini secukupnya (jangan berlebihan) karena pakan ini sudah memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Untuk pemberian alangkah baiknya bertahap sedikit demi sedikit sampai menunjukkan pengaruh kenari mulai gacor serta agar kenari tidak kaget dan lambung kenari bisa beradaptasi dengan makanan baru. Pakan racikan ini bisa juga diterapkan sebagai pakan kenari anakan tetapi dengan dosis yang jauh lebih sedikit.

Terapkan racikan pakan kenari juara tersebut pada kenari lokal maupun kenari impor anda agar mendapatkan hasil yang anda impikan. Tentunya bila kenari anda gacor dan memenangkan perlombaan bukan tidak mungkin tawaran dengan harga tinggi akan berdatangan sehingga modal bisnis ternak kenari anda akan semakin berkembang kedepannya. Sekian informasi singkat dari tim usahaternak mengenai pembuatan pakan racikan agar kenari gacor, semoga bermanfaat. Salam ternak!
Racikan Pakan Ternak Kenari Juara Gacor | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar