Kacer, Burung Primadona Kicau Mania

Selamat pagi sobat ternak dan kicau mania, sudah sekian lama tak jumpa, kali ini tim usahaternak mengangkat topik bahasan baru, yakni Burung Kacer, yang sudah banyak ditunggu-tunggu oleh sobat ternak penghobi burung kacer atau kacer mania. Yang mana harapan kami, dari awal agar para pembaca bisa berhasil dalam beternak atau berbisnis burung kacer. Kali ini kami mulai dengan PDKT (pendekatan) dengan mengenali lebih dekat tentang si ‘KACER’ yang hobi berkicau ini. Burungkacer atau bahasa ilmiahnya Kucica Kampung termasuk jenis burung kicau yang masih kerabat dekat dengan murai batu.
tentang burung kacer, mengenal kacer, kacer mania, karakter burung kacer
Burung Kacer, idola semua kalangan penggila burung kicau
Di daerah jawa burung ini popular dengan sebutan burung srintil, dan di luar negeri biasa dipanggil Magpie Robin. Populasi burung ini banyak dijumpai khususnya daerah dataran rendah di kawasan Asia tenggara dan selatan. Di Indonesia, spesies kacer banyak ditemukan di tiga pulau besar di Indonesia yaitu Sumatra, Jawa dan Kalimantan. Burung ini banyak dilombakan karena selain suaranya bagus, tingkahnya juga sangat menghibur, selain itu burung ini juga memiliki keindahan corak dan warna. Sangat bagus untuk dipelihara di rumah. Untuk mengenali lebih dekat lagi mari kita ulas lebih detil lagi karakter burung kacer ini beserta jenis-jenisnya hanya untuk para kacer mania.

Menenal sifat dan perilaku burung kacer

Burung Kacer dikenal ramai di perlombaan burung karena karakteristik-nya sebagai burung fighter/petarung. Terutama jika disandingkan dengan sesama kacer. Burung kacer yang saling bertatap muka atau mendengar langsung suara kacer lain akan langsung menanggapi dan akan berkicau satu sama lain, ya bisa dibilang seperti karakter ikan cupang yang sama - sama ngedok jika melihat ikan cupang lain. Ini merupakan naluri asli dari kacer yang di alam berusaha melindungi anak - anaknya dari gangguan burung atau makhluk lainnya. Yang layak disimak dari burung ini, selain berkicau, kacer juga mengembangkan ekornya dan menariknya ke atas seperti ayam. Namun juga terkadang ekornya tiba - tiba menutup dan sayapnya diturunkan ke bawah. Inilah keindahan karakter dan kicau kacer dibandingkan dengan burung fighter lainnya. Di banyak lomba burung, gantangan maupun latberan, kacer merupakan salah satu kelas favorit dan kacer yang digantang banyak diistilahkan dengan burung kacer ngobra, ngeplong dan sebagainya.

jenis kacer, macam burung kacer, jenis-jenis kacer
Kacer, burung petarung sejati nan indah

Macam dan jenis burung kacer

Kami tidak akan membahas terlalu detail mengenai jenis kacer keseluruhan, kami hanya akan mengulas secara garis besar beberapa jenis yang umum dipelihara di Indonesia. Namun jangan khawatir, pada artikel selanjutnya akan kami ulas lengkap ciri kacer dan karakteristik yang membedakan masing - masing jenisnya. Baik kita mulai membahas jenis-jenis kacer, kami sediakan beserta dengan gambar kacer sebagai ilustrasi.

Kacer Poci

kacer poci, jenis kacer indonesia
Kacer Poci
Kacer poci adalah salah satu jenis kacer yang dikenal dengan pola ngobra-nya. Berasal dari Pulau Sumatra dan dijuluki juga sebagai kacer sumatra, kacer jenis ini sangat mudah dikenali karena bulunya terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan putih. Warna putih ada di dada sampai ke belakang dan sayap. Oleh karenanya sering juga orang mennjulukinya sebagai kacer dada putih. Jenis kacer poci banyak digemari karena suaranya yang nyaring, dan dikenal pintar menirukan suara yang ada di sekitarnya. Kacer sumatra sangat menyukai hawa panas oleh karenanya keunggulan fisiknya tidak perlu diragukan lagi. FYI saja, di daerah tempat admin berada, banyak penduduk yang menggeluti profesi ternak kacer jenis ini. hehe

Kacer Jawa / Kacer Hitam Lokal

kacer hitam, kacer jawa, kacer lokal, jenis kacer indonesia
Kacer Hitam atau Kacer Jawa
Kacer hitam atau sering disebut kacer jawa atau kacer lokal. Memiliki perawakan yang hampir mirip dengan kacer sumatra, namun warna putihnya lebih sedikit. Warna putih hanya terlihat di bagian luar sayapnya. Sedangkan sisanya hampir pasti berwarna hitam. Sama - sama menyukai suhu relatif panas, namun dari segi karakter suara, kacer sumatra lebih unggul dibandingkan kacer lokal yang volume suaranya sedang-sedang saja.

Kacer Madagaskar

kacer madagaskar, kacer impor, jenis kacer indonesia
Kacer Madagaskar
Kacer Madagaskar merupakan salah satu jenis kacer yang bisa dibilang lain dari yang lain sebab kacer Madagaskar ini berasal dari negara-negara di benua Afrika khususnya berasal dari negara Madagaskar. Jika diamati sepintas kacer Madagaskar tidak memiliki perbedaan dengan kacer pada umumnya, tetapi jika diamati lebih detil kacer jenis ini memiliki ciri khas warna pada bulunya yang memiliki warna kebiru-biruan terutama pada bagian leher sebelah atas, punggung dan ekor yang akan terlihat jelas warna birunya jika terkena sinar matahari langsung. Kacer jenis Madagaskar termasuk jenis yang paling laku keras di Tanah Air. Banyak sekali peminatnya, mungkin karena kelangkaannya/jumlahnya yang terbatas atau karena eksotisnya dan bukan berasal dari daratan Asia. Meskipun kacer jenis ini berasal dari benua Afrika, tetapi karakter suara gacornya maupun suara ngerollnya tidak jauh berbeda dengan kacer jenis-jenis lainnya, kacer ini juga pandai menirukan ritme dan kicauan jenis burung lainnya dengan baik.

Kacer Blorok

kacer blorok, jenis kacer indonesia
Kacer Blorok
Kacer Blorok adalah salah satu kacer yang memiliki penampilan paling unik. Jenis kacer ini merupakan hasil persilangan kacer Jawa dan kacer hitam putih. Keunikannya tubuhnya terlihat dari motif hitam putih pada bulunya yang membuatnya berbeda dengan kacer-kacer jenis lainnya. Burung kacer ini juga memiliki kicauan yang bisa dengan cepat menirukan suara kicau dan gacor burung jenis lain. Burung ini juga cukup bersaing di pasaran, terlihat dari banyaknya peminat dan permintaan dari para penghobi kacer.

Kacer Kalimantan

kacer kalimantan, jenis kacer indonesia
Kacer Kalimantan
Kacer Kalimantan terbagi menjadi tiga macam ras dengan ciri masing-masing yang berbeda. Ras pertama memiliki ciri fisik warna bulu yang dominan hitam dan putih yang terdapat pada bagian perut hingga ekornya. Ras yang kedua memiliki ciri bulu bewarna yang hitam pekat dan sedikit warna putih. Burung kacer jenis Kalimantan ini tersebar di kalimantan barat, kalimantan timur dan kalimantan utara. Kacer jenis ini sebenarnya juga dapat ditemui hampir di setiap pulau di Tanah Air seperti pulau bali, nias dan bangka belitung, sehingga istilah kacer Kalimantan hanyalah sebutan saja. Sepintas penampilannya seperti kacer sumatera. Perbedaannya adalah pada warna hitam tubuhnya. Warna hitam pada kacer Kalimantan yaitu mulai dari kepala sampai dada bagian bawah atau hampir perut.

Kacer Tasik

kacer tasik, jenis kacer indonesia
Kacer Tasik Ekor Putih
Kacer Tasik memiliki ciri fisik hampir sama dengan kacer jenis lokal, hanya berbeda pada warna putih pada bagian pangkal ekor. Kacer tasik ini kurang begitu diminati karena karena dikenal memiliki mental yang jelek, sehingga burung ini kurang sesuai digunakan untuk perlombaan.

Kacer air

kacer air, jenis kacer indonesia
Kacer Air Berjambul Putih
Burung meninting besar atau akrab disebut dengan kacer air. Mengapa disebut kacer air. Pertama, karena penampilan fisiknya sangat mirip burung kacer, sedangkan habitatnya tak jauh dari sumber air, terutama sungai dan lagi burung jenis ini dikenal gemar mandi. Adapun ciri burung kacer air, hampir sama dengan kacer pada umumnya, fisik tubuhnya didominasi warna hitam dan putih. Pada bagian dahi dan mahkota yang berbentuk jambul di bagian depan berwarna putih, sedangkan pada bagian sisi kepala, tengkuk, dan dadanya berwarna hitam. Bagian perut, punggung bawah, dan tunggirnya berwarna putih. Dengan sayap berwarna hitam bergaris putih, ekornya menggarpu dengan ujung berwarna putih.

Sekian kacer mania, pembahasan kami tentang burung kacer. Selain beberapa jenis diatas, masih banyak jenis-jenis kacer lain di dunia terutama jika dirunut dari keluarga burung ini, dan juga masih banyak informasi yang ingin kami berikan kepada pembaca, namun kami putuskan untuk membatasi materi pertama tentang kacer sebatas pada hal yang umum. Terkait dengan settingan kacer dan suara burung kacer bagi para penggila lomba burung kacer, nanti akan kami rangkum kembali pada bab yang berbeda. Termasuk dengan perbedaan kelamin burung kacer, akan kami buat selengkap mungkin seperti pada artikel cara membedakan kelamin burung murai. Silahkan berkomentar dan berdiskusi jika ada hal yang kurang anda pahami. Banyak artikel tentang burung kicau yang kami sediakan, semoga bermanfaat dan semoga pengetahuan tersebut bisa membuka mata para pembaca bahwa prospek bisnis burung kicau di Indonesia semakin lama akan semakin baik dan layak dijajal sebagai hobi yang menghasilkan.

Terima kasih dan Salam Sukses Ternak
Kacer, Burung Primadona Kicau Mania | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar