Domba Garut, Si Raja 'Adu Domba'

Halooo sobat ternak, sudah sangat lama tidak bersua sampai lupa harus bagaimana menyapa sobat ternak sekalian. Kami kembali lagi untuk menyajikan artikel-artikel berkualitas sesuai kebutuhan sobat ternak akan informasi dan tips-tips dalam usahaternak. Kali ini kita akan mengulas salah satu hewan ternak yang selain untuk diternak, diolah dagingnya, juga jagoan untuk diadu di perlombaan umumnya di beberapa perlombaan di daerah-daerah di Indonesia.
Siapa yang tahu nama hewan ini? Iya, hewan ini adalah domba, yang khusus diulas dalam artikel kali ini adalah Domba Garut yang merupakan domba yang memang dikenal digunakan sebagai domba aduan. Kenapa kebanyakan Domba Garut yang diadu? Karena domba jenis ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan postur tubuh yang kuat. Dan lagi berat badan domba garut jantan hidup dapat mencapai 60-80 kg sedangkan bobot badan domba garut betina hidup mencapai sekitar 30-40 kg. Domba Garut termasuk jenis domba silangan segitiga dari domba lokal, domba jenis merino dan domba dari Afrika Selatan sehingga menghasilkan domba yang berpostur gagah. Bagian dadanya membusung tegap dengan tanduk besar melingkar melindungi kepalanya.

selain diadu domba garut untuk diternak dan dibudidayakan serta ekspor mancanegara
Tanduk dan Badan yang tegap merupakan simbol kekuatan Domba Garut


Domba Garut memiliki sebutan lain sebagai Domba Priangan. Karena dari namanya sudah menunjukkan daerahnya yaitu daerah priangan atau daerah Garut tentunya domba ini menjadi komoditas ternak domba di wilayah Garut namun juga sebagai komoditas unggulan serta menjadi kebanggaan nasional karena memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis domba lainnya di dunia. Belum lagi tradisi adu ketangkasan domba juga menjadi aset kesenian dan pertunjukkan daerah dan menambah kekayaan budaya tradisional Indonesia. Keutamaan dari domba jenis ini memang untuk aduan, namun banyak juga sobat ternak yang mencoba beternak dan membudidayakannya. Alhasil melalui bisnis ternak domba ini, bisa menjadi sumber penghasilan utama dan bukan lagi usaha ternak sampingan atau hanya sekedar hobby yang kurang menghasilkan.

Ciri-ciri Umum Domba Garut

Domba Garut atau disebut Domba Priangan dapat ditemukan di daerah Jawa Barat seperti Bandung, Sumedang, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.Tetapi sekarang sudah bisa ditemukan di seluruh pulau Jawa dan beberapa juga ada di luar pulau Jawa. Untuk mengenalinya, selain dari melihat gambar kita juga bisa mengenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  • Memiliki tubuh yang kokoh dan besar, memiliki dahi yang konveks, serta lehernya terlihat sangat kuat.
  • Domba Garut Jantan unmumnya identik dengan tanduk yang besar dan kuat serta berbentuk melingkar melengkung ke arah belakang. Sedangkan yang betina tidak memiliki tanduk dengan telinga memanjang sedang.
  • Dari segi bobot, Domba Garut jantan memiliki bobot kisaran 40-80 kg sedangkan betina hanya memiliki bobot sekitar 30-40 kg.
Domba Garut spesialis adu domba dan bisa ternak domba garut
Tangkas dan tangguh di medan pertempuran


Info terkini, Domba Garut merupakan komoditas ekspor ke negara-negara di Asia termasuk Uni Emirat Arab, dan negara-negara timur tengah yang lain dengan potensi ekspor mencapai angka milyaran. Wow! Maka tidak ada salahnya kita sedikit-sedikit memikirkan rencana usaha atau bisnis ternak apa yang harus di lakukan seperti halnya budidaya domba yang dikenal mudah dan praktis karena modal relatif kecil dan siklus perkembangbiakannya cukup cepat. Belum lagi kita bisa mengambil manfaat dari kulitnya, dagingnya, susunya, bahkan kotorannya kita olah lagi untuk kita jadikan sumber penghasilan. So, usaha ternak domba Garut ini masih sangat menjanjikan dan memiliki prospek cerah sebagaimana bisnis ternak kambing, sapi, ayam, dan hewan lainnya.
Sekian sedikit wawasan dari kami tentang Domba Garut, selanjutnya akan kami ulas lebih lengkap terkait bagaimana kiat-kiat dan panduan beternak domba dengan kandang dan pakan ternak yang ideal untuk menjadi sukses berbisnis dan usaha ternak. Salam satu ternak!




Domba Garut, Si Raja 'Adu Domba' | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar