Panduan Ternak Domba Bagi Pemula (Tahap Awal)

Hai sobat ternak, mengisi akhir pekan kami ingin berbagi info lanjutan dari topik awal bulan ini yaitu tentang ternak domba yang mana jika ditekuni dengan baik maka hasil yang kita dapat dari budidaya domba bisa menghasilkan profit jutaan bahkan milyaran. Karena sudah banyak yang menekuni usaha domba sukses menjadi jutawan dengan penjualan domba mencapai ribuan ekor.
Sebelumnya kami mengulas tentang jenis domba yang sedang ramai di pasaran yang umumnya diternak untuk diadu yaitu Domba Garut si domba aduan. Kenapa domba dipandang sebagai ternak yang prospektif ? Domba memberikan peluang cukup menjanjikan untuk dijadikan usaha ternak domba kekinian karena pemasarannya di daerah-daerah masih terbilang kurang. Oleh karena itu kali ini akan kami ulas lebih jauh mengenai cara ternak domba praktis dan mudah untuk para pemula agar sedikit banyak membantu sobat ternak yang akan memulai bisnis ternak budidaya domba ini.
ternak domba garut | usahaternak
Domba Garut, domba aduan berkelas dan banyak diminati 
Di artikel ini kami akan mulai menjelaskan secara singkat dan padat kiat-kiat serta langkah-langkah awal apa saja yang harus dilakukan sebelum kita mulai praktik, adapun ulasan secara mendetail akan kami kupas satu persatu di artikel berikutnya.

Step by step: Langkah Awal Beternak Domba

  1. Kita wajib mengetahui prospek dan pangsa pasar yang kita tuju dengan melihat 5W1H. Lalu apakah jenis domba yang kita bisniskan akan diambil dagingnya, susunya, atau dijadikan sebagai domba aduan, karena kita juga harus menyesuaikan jenis dombanya disini. Dan lagi karena perawatan untuk masing-masing jenis tersebut berbeda-beda, maka keuntungan ternak domba pun juga berbeda.
  2. Carilah informasi sebanyak-banyaknya siapa orang yang lebih dulu menerjuni bisnis ini. Bangun kemitraan ternak kambing domba dengan peternak yang lebih dulu terjun, karena biasanya kita akan ditawarkan bibit murah atau bahkan gratis untuk awal usaha kita. Gali informasi mengenai suka duka dan cara ternak domba. Karena dengan begitu kita sedikit banyak akan tahu tentang problem yang dihadapi dalam budidaya domba. Bisa juga didukung dengan referensi info dari internet.
  3. Buatlah draf mengenai rencana anggaran biaya untuk usaha dan biaya-biaya pendukungnya. Untuk awalan, mulailah membeli bibit dari jumlah kecil sambil secara bertahap kita tingkatkan jumlah pembelian bibit domba. Karena dengan  proses dan pengalaman yang bertambah nantinya anda akan semakin matang dalam mengelola bibit dalam jumlah besar. Hal ini sangat penting dalam mengelola ternak domba modern.
    gambar domba garut muda | usahaternak
    Bibit / Domba Garut Muda
  4. Siapkan modal awal sesuai rencana estimasi biaya yang sudah anda buat, apalagi dengan banyaknya jasa peminjaman modal usaha, bahkan yang syariah pun juga sudah banyak dan siap membantu anda dalam penyediaan modal usaha ternak.
  5. Pelajari geografis lokasi kandang, cuaca, suhu, dll. dan media ternaknya dari peternak di sekitar lokasi anda beternak. Banyaklah bertanya tentang hal kelembaban, kesuburan rumput, hama, dll. Sehingga anda dapat mencari tempat yang sesuai dengan habitat terbaik anakan domba. Khusus untuk rumput, sudah banyak yang menerapkan sistem ternak domba tanpa ngarit, karena rumput dapat digantikan dengan teknologi pakan alternatif yaitu pakan fermentasi, proses pembuatannya dapat dibaca pada artikel kami Membuat Pakan Fermentasi Ternak Kambing.
  6. Jangan lupa persiapkan obat-obatan dan rajin-rajinlah berkonsultasi dengan dokter hewan terdekat. Karena kotoran ternak dan kelembaban nantinya pasti mengundang hama penyakit dan bisa terjadi sewaktu-waktu. Bila perlu anda dapat berkonsultasi dengan pihak Dinas Peternakan setempat yang khusus menangani peternakan hewan berkaki empat.
  7. Bila ada seminar atau workshop tentang ternak domba dan kambing, cobalah anda ikuti agar menunjang keilmuan anda sehingga jika ada kebingungan atau jika nantinya ada kendala dalam beternak paling tidak anda bisa belajar menanganinya secara mandiri. Untuk informasi pengadaan workshop dan seminar dapat anda hubungi dinas peternakan setempat. Sekaligus untuk mendeteksi dimana anda dapat mencari peternak domba di sekitar anda. 
    sukses ternak domba mudah praktis | usahaternak
    Sukses ternak domba dengan penerapan ilmu dan pengalaman
  8. Berdoa, menyiapkan mental, dan berusaha juga merupakan faktor dan salah satu kunci sukses ternak domba anda.
Demikian tadi artikel mengenai persiapan dan tahap awal ternak domba. Semoga dapat menginspirasi dan menambah pengetahuan anda mengenai cara beternak domba yang menguntungkan. Terus update informasi anda di website usahaternak ini, akan kami ulas lebih lanjut mengenai hal teknis dan bagaimana memilih bibit domba yang baik untuk diternak. Sekian. Salam Sukses! 
Panduan Ternak Domba Bagi Pemula (Tahap Awal) | Usahaternak | 5

0 komentar:

Posting Komentar